Suka Mager? Waspadai 5 Akibat Berbahaya Ini

aura.co.id | 5 Juni 2020 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Siapa sih yang enggak suka malas-malasan di kasur seharian apalagi di saat cuaca mendung dan gerimis? Pastinya kalian semua suka mager kan kalau keadaannya sudah seperti itu.

Namun, kalian harus cukup waspada, soalnya mager atau malas gerak lama-kelamaan memiliki dampak negatif pada tubuh kita. Mulai dari timbulnya beberapa penyakit hingga kehidupan sosial kita bisa terganggu karena kebiasaan satu ini nih.

Berikut ini bahaya yang bisa ditimbulkan karena sering mager:

1. Obesitas

Bahaya pertama yang bisa ditimbulkan dari keseringan mager adalah obesitas. Gerak aja malas, apalagi berolahraga pastinya lebih malas kan? Nah itulah yang menjadi salah satu penyebab kenapa kita bisa obesitas jika kebiasaan ini enggak segera dihilangkan.

Apalagi jika kalian sukanya mager sambil ngemil, duuhhh bahaya banget ini. Karena kurangnya gerak maka metabolisme tubuhmu akan melambat sehingga bisa menjadi lebih gemuk.

2. Mengundang banyak penyakit berbahaya

Setelah obesitas tapi kalian masih tetap meneruskan kebiasaan mager? Waspadalah karena sebentar lagi penyakit berbahaya bisa menghampiri, lo ya. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung hingga stroke bisa terjadi pada seseorang yang obesitas.

Jadi jika kalian sudah merasa kegemukan, maka sebisa mungkin hindari untuk mager dan cobalah untuk berolahraga dan bergerak sebanyak mungkin ya.

3. Tulang keropos

Masih muda enggak mau kan pastinya sudah terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis? Nah makanya jangan mager lagi deh. Jarang bergerak atau berolahraga bisa membuat kepadatan tulang kita menjadi melemah.

Hal itu bisa terjadi karena otot-otot di sekitar tulang menjadi lemah sehingga bisa membuat tulang keropos.

4. Sering mengalami stres

Tak hanya penyakit fisik saja, mager juga bisa membuat memperburuk kesehatan mental dengan mudah mengalami stres. Sebab, jika kita selalu malas bergerak maka bisa juga mengakibatkan bosan hingga akhirnya stres.

Hormon endorfin yang membuat kita bahagia tidak muncul saat kita hanya malas-malasan saja sehingga bisa berujung timbulnya  gangguan mental seperti stres hingga depresi lho Teens.

5. Jadi kurang pergaulan dan antisosial

Mager dan hanya di rumah melulu bisa membuat Anda jadi orang yang kurang pergaulan. Saat diajak jalan oleh teman malah kasih banyak alasan.

Jika sudah begitu berarti kalian sudah ingin menutup diri dengan alasan mager nih. Teman kalian pun akhirnya malas mengajak kalian lagi dan akhirnya enggak peduli lagi sama kalian. Nah, jika kalian masih tetap mager di rumah dan enggak mau bersosialisasi dengan orang lain, bisa dipastikan kalian telah jadi orang yang anti sosial nih!

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait